Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dengan peminatan Mass Media and Journalism kembali melaksanakan kegiatan Guest Lecturer dengan tema Mendalami Foto Jurnalistik Bersama Sang Penjepret Satelit. Pengisi acara dalam Guest Lecturer kali ini yaitu Adam Makalani Kasali, seorang fotografer muda yang menekankan bahwa jurnalistik bukan hanya sekedar tulisan saja namun bisa berupa visual seperti foto.

Guest Lecturer yang diadakan pada 30 Mei 2018 ini, berbagi informasi kepada mahasiswa ilmu komunikasi Univeristas bakrie, tentang bagaimana Adam Kasali berbagi pengalaman dari hasil karya foto yang sering ditampilkan pada Pameran Foto, seperti hasil jepretan fenomenalnya saat peluncuran roket Ariane 5 yang membawa satelit BRI di Guyana Prancis, Amerika Selatan 16 Juni 2016 lalu. Pria lulusan Seattle, Amerika Serikat, yang menekuni pendidikan formal dalam bidang fotografi di Fine Arts in Photography, New York Film Academy, New York ini menjelaskan bagaimana menarik dan indahnya dunia fotografi. Bagaimana bidang Jurnalistik menerapkan ilmu fotografi dalam foto jurnalistik.

 Melalui materi ini, diharapkan seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas bakrie mampu menerapkan bagaimana pengambilan foto dimana foto mampu bercerita sesuai dengan visul yang ditampilkan. Mahasiswa mampu mengabadikan setiap momen dengan foto  tidak harus dengan kamera yang mahal namun dengan rasa.

“Terkadang saya kesuatu tempat tidak membawa kamera, hanya berjalan-jalan sambil mengamati objek, lalu mengajaknya bicara, setelah beberapa kali saya berbincang barulah saya membawa peralatan foto.” ujar Adam dalam sesi Guest Lecturer Rabu.

Gambar: Sesi foto bersama Mahasiswa, Dosen dan Narasumber Guest Lecturer
Gambar: Sesi foto bersama Mahasiswa, Dosen dan Narasumber Guest Lecturer

 

Dengan adanya Guest Lecturer ini, mahasiswa di peminatan apapun khususnya Jurnalistik mampu memanfaatkan teknologi foto di setiap momen sebagai informasi yang harus dibagi. Bukan hanya sebagai hobifoto saja, tetapi juga dapat membangun relasi yang luas dibalik cerita setiap foto.

 

(Penulis : Rahmayanti / Mass Media and Journalism Student 2016)

(Editor: Fariz Alvo / Mass Media and Journalism Student 2015)