News Bakrie

Internal Seminar di Universitas Bakrie

Selasa (2/4) Jakarta – Seminar internal yang merupakan kegiatan rutin bulanan dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Bakrie telah dilaksanakan pada hari Senin, 1 April 2013 bertempat di kampus, Universitas Bakrie.

Bapak I Made Indradjaja Marcus Brunner, Ph.D. sebagai pembicara dalam seminar tersebut merupakan ketua  Program Studi Teknik Lingkungan. Beliau mempresentasikan sebuah hasil penelitian yang berjudul Kajian Geospasial Dampak Emisi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) pada Masyarakat Sekitar Tapak Kegiatan. Kajian ini membahas dampak dari emisi serta bagaimana cara mencari solusi untuk mengantisipasi dampak tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah dengan melakukan studi geospasial yang bertujuan untuk memetakan daerah di sekitar PLTU sehingga didapat informasi penduduk di sekitarnya. Kajian ini menarik bagi dunia ilmu pengetahuan, khususnya bidang ilmu teknik lingkungan.


Seminar tersebut, menjadi ajang diskusi ilmiah yang sangat menarik, mengingat kajian tentang topik ini adalah topik baru dalam pendekatan pemetaan kepadatan penduduk. Setelah pemaparan oleh Bapak Made kemudian terjadi diskusi menarik dengan beberapa peserta yang hadir  yang merupakan dosen Universitas Bakrie seperti Dr. Dudi Rudianto, Gunardi Endro, Ph.D., dan Siti Rohajawati S.Kom., M.Kom. Diskusi berkisar pada  efektivitas metode yang digunakan dalam penelitian tersebut, dan bagaimana penggunaan metode yang ada untuk bidang kajian lainnya.


Rencananya, mahasiswa juga akan dilibatkan untuk mengikuti seminar, sehingga terbiasa dengan dunia ilmiah yang selalu terbaharukan dan penuh dengan diskusi yang mengasyikan.
Moderator dari seminar tersebut adalah ibu Dr. Susy F. Rostiyanti, S.T., M.Sc. yang merupakan ketua dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan.  Pada akhir acara, beliau mengemukakan perlunya dilakukan penelitian-penelitian lanjutan yang lebih mendalam lagi untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, lingkungan alam dan tentunya pengembangan ilmu pengetahuan.

 

 

 

Other Articles

 
 
Anda disini: Home Publikasi Berita Internal Seminar di Universitas Bakrie