fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Seorang pemimpin harus membangun kredibilitas dan kepercayaan untuk menggerakan pengikutnya melalui komunikasi kepemimpinannya. Agar dipercaya oleh para pengikutnya, penting bagi pemimpin untuk mengenal dan mengelola dirinya dengan baik dahulu. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat luas adalah berkontribusi dan memberikan dampak yang postif melalui volunteering.

 

Kegiatan sukarelawan atau kerap dikenal dengan volunteering merupakan kegiatan yang umum dilakukan. Volunteering memiliki banyak bentuk diantaranya; membantu dengan sukarela, meluangkan waktu & kemampuan serta menyalurkan tenaga dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Volunteer sering dilakukan dalam sebuah acara di bidang kemanusiaan, lingkungan, sosial, juga perhelatan besar semacam festival. Acara dan event yang membuka kesempatan untuk menjadi volunteer biasanya berada pada taraf yang besar serta jangkauan yang luas.

Dalam online panel discussion yang dilakukaan oleh Prodi Manajemen Universitas Bakrie hari Jumat, 6 november lalu, Ibu Risa BhinekaWati selaku CSR Expert & Reseaercher serta bu Novitalia selau People Development & Engagement Specialist di Nutrifood diundang sebagai pembicara untuk berdisuksi bersama mengenai pentingnya peran seorang individu dalam melakukan volunteering untuk menjadi pemimpin.

Sesi pertama diawali dengan Ibu Risa memperkenalkan tentang Employee Volunteering yaitu program sukarelawan yang dibuat oleh perusahaan & yang menjelaskan beberapa tipe program employee volunteering yang sudah diterapkan banyak perusahaan secara global. Employee Volunteering ada banyak macam antara lain; fundraising, localt event, volunteer awards, charity, team building dan coaching. Namun, program ini masih termasuk hal yang mikro dikalangan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, dimana sebagian besar program employee volunteering sendiri hanya dijadikan bagian dari strategi CSR.

 

Pada nyatanya, EV merupakan program yang kontribusinya sangat besar untuk suatu perusahaan walaupun ini suatu hal yg masih dipandangan sebagai hal micro di Indonesia. Keuntungannya sangat banyak, Employee volunteering dapat diterapkan sebagai alat manajemen strategis pemberi kerja untuk memperoleh manfaat internal dari peningkatan OCB, dan manfaat eksternal dari peningkatan manajemen pemangku kepentingan dan reputasi perusahaan sambil memecahkan masalah pembangunan berkelanjutan.

“Employee Volunteering bisa memberikan potensi untuk memberikan kontribusi bagi setiap aspek dari sustainable development sehingga juga memberikan kontribusi bagi dunia yang lebih baik” Ujar Bu Risa.

Pada sesi kedua, Bu novi menguatkan statement-statement bu Novi dengan menjelaskan program-program employee volunteering yang sejauh ini sudah diterapkan di PT. Nutrifood. Nutrifood memiliki visi untuk “Menjadi #RumahKedua, memberi makna, menginspirasi hidup sehat dengan membatasi asupan gula, garam & lemak (GGL). Di Nutrifood, program volunteering yang ada disebut Nutrifood volunteerism dimana Nutrifood percaya untuk membantu karyamawan-karyawannya membangun empati & koneksi secara internal maupun eksternal. Hal ini merupakan action yang dilakukan oleh Nutrifood sebagai upaya membangun excellent leadership pada individu, sehingga mereka bisa menemukan makna dalam diri sendiri dan mengajak orang lain untuk mencari maknanya. Dari makna tersebut, akan munculah passion dari diri untuk membuat suatu perbedaan yang positif.

“Dengan mengadakan program ini, diharapkan para volunteer bisa menjadi grateful, berempati dan inklusif, kita bisa do action. Jadi engga cuman empati, tetapi kita bisa jadi pribadi yang compassionate. Kemudian, dengan kegiatan volunteerism di Nutrifood, kita percaya ini bisa jadi salah satu media juga untuk membangun excellence lewat leadership-nya. Jadi kita kasih kesempatan buat temen-temen untuk memimpin & menemukan makna untuk dirinya sendiri dan juga mengajak orang lain untuk sama-sama menemukan makna dari kegiatan volunteerism ini.” Ujar Bu Novi tentang harapan dari kegiatan Volunteerism Nutrifood.

Nutrifood percaya bahwa volunteerism dapat mendukung proses development leadership seseorang, dan juga meningkatkan emotional engagement-nya kepada masyarakat luas sehingga berdampak positif kepada diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Penting bagi seseorang untuk mencari makna untuk diri kita sendiri dulu, baru menciptakan makna dengan orang lain, sehingga mereka bisa menjadi seorang pemimpin yang membawa pengaruh positif.

 

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id