fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Jakarta (19/2/2021) - Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2021, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengelolaan sampah di Indonesia melalui penandatanganan kerja sama dengan startup Octopus secara virtual via zoom meeting. Octopus merupakan perusahaan daur ulang berbasis teknologi yang memilki misi untuk menjadi solusi dalam pengelolaan limbah dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat yang berpartisipasi. Kehadiran startup ini merupakan semangat dari sektor private yang penting untuk didukung oleh Perguruan Tinggi.

 

Penandatangan MoU secara simbolis dihadiri oleh Rektor Universitas Bakrie, Prof. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., IPU., serta diwakili oleh Moehammad Ichsan, selaku CEO Octopus, dan Hamish Daud sebagai Head of Marketing & Sustainability Octopus. Nota kesepahaman yang disepakati mencakup beberapa kerja sama, yaitu: kegiatan penelitian dan kepakaran para peneliti dan dosen di Prodi Teknik Lingkungan dapat dikolaborasikan secara optimal dengan Octopus, penerimaan kegiatan praktik kerja (magang) mahasiswa, dan acara webinar atau diskusi bersama.

Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Bakrie yang menegaskan bahwa waste management merupakan persoalan yang perlu ditangani secara serius dan sistematis, namun pola penanggulangan sampah di Indonesia masih didominasi secara tradisional, bahkan masih banyak yang tidak terkelola atau dibuang ke sungai. Hamish Daud yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh environmentalist menyebutkan bahwa “solusi dari pengelolaan sampah tidak mungkin jika ditangani oleh satu pihak saja, dan akan jauh lebih efektif jika dilakukan dengan cara kolaborasi, salah satunya melalui support dari dunia pendidikan. Kerja sama antara Universitas Bakrie dan Octopus semoga menjadi kolaborasi yang sehat dan bersifat long term relationships dalam usaha meminimalisir permasalahan sampah”. 

Sementara Moehammad Ichsan, CEO Octopus berharap kerja sama ini mampu menjadi gerbang pengetahuan bagi Octopus untuk mendapatkan banyak ilmu dan memberikan nilai tambah bagi ekosistem Octopus yang terus mencoba memberikan solusi kepada lingkungan dan kehidupan sosial. Ichsan juga menambahkan Octopus diharapkan dapat membangun mental untuk menjaga lingkungan bagi anak muda, salah satunya mahasiswa.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id