fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Creative or Die menjadi judul dari acara seminar yang diselenggarakan pada Kamis, 19 September 2013 di Universitas Bakrie. Acara ini terselenggara atas kerjasama antara UBCareer dengan PT Santos Jaya Abadi. Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Bakrie ruang 1-2 ini berlangsung dari pukul 13.00-16.00 WIB.

Pembicara dari PT Santos Jaya Abadi adalah Ibu Elisa Tanzino, Human Resources Generalist di PT Santos Jaya Abadi sejak tahun 2010. Pekerjaan yang meliputi recruitment, organizational development dan training, namun spesifik pada divisi marketing.

Pada awal acara, Ibu Elisa menyempatkan memperkenalkan diri mengenai perusahaannya, yaitu PT Santos Jaya Abadi. Di mana perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing kopi di Indonesia.

Ibu Elisa mengatakan untuk bisa bertahan di dunia industri manusia harus menjadi kreatif, dan untuk menjadi orang yang kreatif dibutuhkan suatu ‘proses melatih berpikir kreatif’. Hal yang perlu diingat adalah #1 Creativity is a Habit Not Genetic, kreatif itu butuh diasah. Diantaranya, kita harus mempersenjatai diri kita dengan ilmu pengetahuan atau #2 Equip yourself with knowledge, ilmu bisa kita dapatkan darimana saja, Ibu Eliza mencontohkan dengan mengajak mahasiswa untuk melihat dari perspektif yang berbeda, ketika dia menjalani masa kuliah, Ia merasa dipaksa untuk membaca buku, tetapi setelah memasuki dunia kerja, Ia dengan sukarela membaca buku untuk menambah knowledge-nya, dalam hal ini membaca buku bukan lagi menjadi suatu kewajiban, tetapi menjadi suatu kebutuhan, menjadi haus akan ilmu demi menunjang karir dalam bidang pekerjaan yang digelutinya.

Menjadi kreatif itu harus bisa menghasilkan inovasi, dan mengasahnya tidak hanya dengan membaca buku, tetapi bisa juga dengan mendengarkan musik, turut aktif di media sosial, mengikuti seminar-seminar, bahkan dengan bermain games dan menonton film kita secara tidak sadar menambah ilmu pengetahuan.

Eliza mengatakan kreatifitas menghasilkan inovasi, tapi hal yang perlu diingat adalah ‘say no to plagiarism’, don’t copy paste, plagiat adalah melakukan ‘copy paste’ tanpa penambahan makna. Menyalin karya orang menjadi seolah-olah karya kita, mengklaim karya pihak lain tanpa izin dan menjadikannya seakan milik kita sendiri bukan sesuatu yang dilakukan oleh orang yang kreatif,  #3 Me-Tollsm? Hell No.

Hal yang perlu diingat adalah manusia adalah mahluk yang pelupa, dalam pengertian kita tidak bisa mengingat segalanya maka biasakanlah untuk #4 Record Your Creative Ideas, biasakan untuk merekam dan menulis hal-hal yang menginspirasi kita untuk menciptakan sebuah ide kreatif.

Bagaimana memulainya? #5 Think BIG Start Small, orang kreatif tidak pernah berada di zona yang terlalu nyaman, mereka selalu mencoba hal-hal yang berbeda, oleh karena itu cobalah dari hal-hal yang kecil. #6 Creative is Learning, learning from others and learning from our mistakes.

Menjadi orang kreatif tidak bisa dilakukan sendiri atau tidak bisa bagaikan kura-kura dalam tempurung, melainkan harus bergaul dengan orang-orang  yang kreatif, orang-orang yang menginspirasi dan membangkitkan rasa keingin tahuan sehingga kita memiliki hasrat untuk belajar sesuatu yang lebih dalam arti tidak pernah puas dengan keadaan yang ada atau  #7 Find Our Mentor and #8 Create Your Creative Environment by building creative habitat, hanging out with creative people, go to creative place and create your own creative world dan Bu Eliza menekankan  although You should think outside the box, but please #9 Execute Inside The Box, sehingga output yang dihasilkan tidak melenceng dari sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau diri kita sendiri.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi yang juga mengikuti acara tersebut, Fakhri Raditya (2011) turut mengapresiasi acara tersebut, Ia mengungkapkan ‘acaranya bagus, materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, sangat interaktif, terbukti dari audience mendengarkan dengan baik, interaktif komunikatif, pembawaan narasumber baik dari body language maupun tatanan bahasa yang digunakan ‘anak muda banget’.  

Maka menjadi kreatif adalah, seperti yang diungkapkan oleh Steve Jobs dalam konsep connecting the dots bahwa kita tidak bisa merencanakan masa depan kita titik demi titik yang terencana dengan pasti. Apa yang membuat kita menjadi seperti sekarang adalah karena titik-titik yang sudah kita lalui, karena menjadi kreatif adalah sebuah proses.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id