fbpx

Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Lantik Maulana Wiga Jadi Duta Petani Millenial, Bersama 2000 DPM/DPA di Seluruh Indonesia

Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melantik Maulana Wiga, CEO Startup Bepahkupi dan Mahasiswa Universitas Bakrie menjadi Duta Petani Milenial bersama 2.000 petani milenial dan Andalan di Seluruh indonesia, pada hari Jumat 6 Agustus 2021. Presiden Jokowi berkata bahwa pada saat ini 71% Petani di Indonesia sudah berusia 45 tahun ke atas, sementara yang berusia di bawah 45 tahun hanya 29%. Atas dasar tersebut, pemerintah berupaya untuk membuat sektor pertanian sebagai sektor usaha yang menguntungkan. Jokowi menambahkan,tentunya hal itu perlu didukung dengan profesionalisme sumber daya manusia di dalamnya. “Petani sekarang telah lintas negara, mereka harus kompetitif dalam keterampilan teknis dan pemanfaatan teknologi, model bisnis, dan manajemen”

Menanggapi hal tersebut, Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan gairah bisnis pertanian di kalangan generasi muda dalam mendukung regenerasi petani. “Melalui para duta Petani Millenial, diharapkan dapat menjadi role model yang menginspirasi, memotivasi, dan menjadi mitra bisnis petani lainnya,” ucap Syahrul. Maulana Wiga, Duta Petani Milenial indonesia Mengatakan bahwa hal adalah ini merupakan manah yang diberikan untuk bisa berkontribusi sepenuhnya untuk memajukan Pertanian indonesia yang Go-Digital dan Go-Global. “Saya yakin pertanian Indonesia terus bertumbuh serta dengan Inovasi yang dapat diberikan oleh anak muda dari segi teknologi seperti IoT, Smart Farming dan juga Farmers to Customer concept untuk memajukan Pertanian serta meningkatkan ekonomi Petani Indonesia” tegas mahasiswa Prodi Ilmu Politik Universitas Bakrie ini.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan SDM pertanian memberikan kontribusi yang paling signifikan di dalam meningkatkan produktivitas.Keberhasilan usaha dari Duta Petani Millenial diharapkan dapat memberikan motivasi kepada generasi milenial untuk terjun berusaha di bidang pertanian dan berkontribusi nyata dalam pembangunan pertanian.