fbpx

Dilatarbelakangi oleh sulitnya mendapatkan akses informasi lowongan pekerjaan di masa pandemi, Universitas Bakrie menggandeng Job2go, perusahaan dari Bakrie Group seperti ANTV, TVOne, DBS dan lainnya menggelar kegiatan Virtual Career Day. Dibuka oleh Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, Ph.D., Virtual Career Day akan terselenggara dari tanggal 26 Juli 2021 hingga 6 Agustus 2021. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa dan alumnidari Universitas Bakrie, para fresh graduate (diploma hingga sarjana) dari berbagai institusi pendidikan, namun tidak tertutup untuk lulusanSMA/SMK dan mereka yang juga ingin mencari pekerjaan baru di masa pandemi.

Wakil Rektor II Universitas Bakrie, M. Tri Andika Kurniawan menuturkan “Virtual Career Day merupakan salah satu strategi Universitas Bakrie untuk meningkatkan kualitas link and match antara lulusan yang dihasilkan dengan kebutuhan dunia industri. Sebagai industrial university yang didukung oleh industri di dalam Bakrie Group, event ini diselenggarakan sebagai jembatan yang menghubungkan kebutuhan Bakrie Group dengan para alumni dari Universitas Bakrie”.

Tidak hanya menyediakan berbagai informasi lowongan kerja secara online, Virtual Career Day ini juga menyediakan webinar seputar pembekalan dunia kerja. Para pencari kerja bisa mendapatkan informasi menarik seputar dunia kerja mulai seperti strategi jitu menjalani wawancara kerja, cara membuat CV yang menarik, perencanaan karir hingga tips beradaptasi saat memasuki dunia kerja. Selain itu, terdapat juga program Virtual Walk-In Interview yangmemungkinkan kandidat terpilih langsung mendapat kesempatan untuk di interview oleh HR perusahaan yang difasilitasi oleh Job2Go.

"Teman - teman mahasiswa maupun lulusan baru bisa menggunakan kesempatan Virtual Career Day ini untuk memilih dream job dari ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia di Job2Go,” ucap CEO Job2Go, Kurniawan Santoso. Kegiatan ini juga bagian dari upaya Universitas Bakrie untuk meningkatkan optimisme semua pelaku industri dan juga paralulusan, di tengah kondisi pandemi, yang membutuhkan kolaborasi semua pihak untuk kebangkitan ekonomi Indonesia. Acara ini diselenggarakan tanpa dipungut biaya. Para pencari kerja hanya perlu membuat akun Job2Go lalu mengakses laman www.job2go.net/jobfair kemudian dapat langsung apply ke perusahaan dan posisi yang diinginkan.

Ketua Program Studi Manajemen, M. Taufiq Amir, PhD dipercaya Dirjen Dikti sebagai mentor dalam program Talent Scouting 2021. Program ini merupakan bagian dari persiapan Dosen terpilih dari seluruh Indonesia untuk meraih beasiswa PhD di luar negeri. Program mentorship akan mematangkan lagi proposal riset yang sudah diajukan, agar memenuhi standar program PhD di negara-negara maju pada umumnya. Wawasan, pengalaman, serta jejaring yang dimiliki mentor diharapkan membantu peserta memperoleh alternatif akses yang lebih luas pada peserta program dalam memperoleh Letter of Acceptance.

 

“Dengan program ini, dimana ada bimbingan menyiapkan proposal riset yang baik, kami harap para peserta tidak hanya mengandalkan beasiswa S3 Luar Negeri dari Dikti, tapi juga dapat bersaing lewat program-program lain”, ungkap Prof. John Pariwono, mentor senior yang sudah terlibat penyeleksian peserta sebelum tahap mentoring. Sementara itu, Anis Aprilawati, Subkoordinator Program Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan LN mengapresiasi kesediaan mentor untuk terlibat. “Kami sangat mengapresiasi kesediaan alumni penerima beasiswa Dikti sebagai mentor, karena dengan referensi strategi-strategi yang ada, memungkinkan peserta program berhasil memperoleh beasiswa S3 luar negeri”. Dalam menjalankan tugasnya, Taufiq akan memberi masukan untuk perbaikan proposal riset dari peserta sebanyak 5 kali pertemuan Forum Group Discussion.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun DKI Jakarta yang ke-494 tahun, Jakarta International Model United Nations 2021 dan Universitas Bakrie ingin mengucapkan, Dirgahayu Jakarta! Jakarta International Model United Nations (“JMUN”) merupakan konferensi Model United Nations (“MUN”) internasional di Indonesia yang didirikan oleh Indonesian Students Association for International Studies (“ISAFIS”) pada tahun 2011.

JMUN dikenal sebagai konferensi MUN berskala Internasional dikarenakan partisipasi delegasi dan chair (juri) yang berasal dari berbagai negara di dunia. Dalam acara ini, para peserta akan melaksanakan kompetisi dalam bentuk debat dan diskusi yang dapat mengasah kemampuan diplomasi dan negosiasi dengan juga menambah wawasan para peserta mengenai budaya Jakarta. Tidak hanya itu, sebagai konferensi MUN ini berskala Internasional, JMUN dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk memperluas jaringan sesama peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia ini. Negara-negara yang yang telah mengikuti JMUN antara lain, USA, UK, India, New Zealand, Australia, Malaysia, Singapore, Laos, Philippine, Thailand, Gana, dan lain-lain.

Tahun ini, JMUN bergandengan dengan Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie sebagai partner utama. “Universitas Bakrie sangat senang bisa berkolaborasi dengan ISAFIS dalam pelaksanaan JMUN 2021. Hal ini selaras dengan komitmen Universitas Bakrie sebagai kampus yang peduli dengan diskusi dan upaya pencapaian UN SDGs (Sustainable Development Goals) di kalangan generasi muda,” ucap Aditya Batara Gunawan, S.Sos, M.Litt Kaprodi Ilmu Politik Universitas Bakrie.

JMUN akan diadakan pada tanggal 13-15 Agustus 2021 dengan membawakan tema besar “Redefining the Global Megatrends: Weaving Unity and Enhancing Adaptability”. Tema ini berdasarkan perubahan-perubahan dan perkembangan yang sedang dihadapi oleh masyarakat di seluruh dunia yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan.

“Isu-isu di dunia itu saling berkaitan walaupun aspeknya beragam, seperti lingkungan, sosial, politik, dan ekonomi, sehingga dikenal istilah ‘Global Megatrends’”. Dengan adanya pandemi COVID-19, dan perkembangan-perkembangan baru, isu-isu ini semakin rumit. Oleh karena itu, penting untuk mendefinisikan ulang Global Megatrends tersebut dengan meneguhkan persatuan serta meningkatkan kemampuan beradaptasi, demi kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok dunia,” ujar Ghina Raihanah, selaku Secretary General of JMUN 2021.

Tema besar tersebut akan dibahas melalui topik-topik tertentu dalam 9 council, yaitu antara lain ECOFIN, UNICEF, UN-Habitat, UNHRC, UNSC, SPECPOL, ICAO, UNCA, dan CRISIS. Selain itu, JMUN 2021 juga akan bekerja sama dengan Abang None Jakarta Barat dan Paskibraka DKI Jakarta. “Sebagai bagian dari Purna Paskibraka DKI Jakarta, saya telah dilatih untuk menjadi pribadi yang mengenal dan menghargai budaya Jakarta. Hal tersebut mendorong saya untuk membantu menyebarkan budaya Jakarta melalui JMUN 2021. Inilah yang kami ingin promosikan melalui konferensi kami. Untuk mewujudkannya, kami bekerja sama dengan organisasi dengan tujuan yang sama, seperti Abang None Jakarta Barat dan Paskibraka DKI Jakarta,” ujar Ghina Raihanah, selaku Secretary General of JMUN 2021.

Pada hari ulang tahun Jakarta yang ke-494 tahun ini, Jakarta membawa tema besar ‘Jakarta Bangkit’. Tema tersebut memiliki arti, yaitu Jakarta akan terus bangkit dalam menghadapi rintangannya, seperti pandemi COVID-19. Tema tersebut juga berhubungan dengan keputusan JMUN 2021 untuk melaksanakan acaranya secara daring atau online untuk mencegah persebaran virus COVID-19. Walaupun demikian, pelaksanaan teknis yang berbeda oleh JMUN 2021 ini nyatanya dapat memberikan manfaat banyak bagi para peserta.

“Secara cakupan, pastinya lebih luas jika dilaksanakan secara daring, dan secara biaya pun jauh lebih terjangkau. Hal ini selaras dengan nilai yang dibawa oleh JMUN 2021, yakni ‘Encompassing’, yang berarti meliputi semua kelompok, terlepas dari latar belakang mereka. Dengan nilai ini, JMUN 2021 juga mencetuskan “JMUN Scholarship”, dimana kami akan memberikan beberapa slot gratis untuk seseorang yang memiliki keinginan tinggi untuk menyelesaikan isu-isu di dunia, tetapi terhalang secara ekonomi,” lanjut Ghina Raihanah.

JMUN 2021 pada saat ini sedang mengadakan registrasi tahap normal atau Regular Phase Registration yang dapat diakses baik pelajar maupun mahasiswa dari berbagai negara di dunia melalui official website JMUN 2021. Terhitung pada saat ini, JMUN 2021 telah berhasil mengumpulkan kurang lebih 250 peserta, yang berasal dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Belanda, Pakistan, Australia, Singapura, Vietnam, India, Jepang, Filipina, Italia, Taiwan, Thailand, hingga Amerika Serikat Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Jakarta, kami ingin mengajak para pemuda dan pelajar dari seluruh dunia untuk mengapresiasi dan melestarikan budaya Jakarta dengan berpartisipasi dalam JMUN 2021!

Universitas Bakrie dan Universitas Narotama mencapai kesepakatan kerjasama dalam rangka penguatan Tridharma Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Inovasi, Pengembangan UMKM dan Desa Digital 4.0. Hal ini tertuang dalam penandatanganan Mou dan MoA antara kedua institusi yang telah terlaksana pada Rabu, 16 Juni 2021 di Kampus Bakrie Tower. Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. Sri Wiwoho Mudjanarko turut hadir dan menyatakan apresiasi yang besar atas kunjungannya yang disambut baik oleh Universitas Bakrie.

Wakil Rektor I Universitas Bakrie, Bapak Tri Pujadi Susilo bersama Wakil Rektor II, Bapak M. Tri Andika menjadi perwakilan Universitas Bakrie pada seremoni tersebut. Tidak hanya itu, kerjasama ini juga melibatkan lima Program Studi, diantaranya: Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, Informatika, dan Teknik Sipil. Para perwakilan kedua institusi juga melakukan diskusi yang membahas kerjasama strategis kedepannya.

Mahasiswa Prodi Akuntansi, Mercedez Daimier Benz Ernanda, terpilih sebagai salah satu mahasiswa yang akan dikirim DIKTI ke University of Zagreb Kroasia tahun ini. Ernanda berhasil lolos seleksi DIKTI dalam Program “Indonesian International Students Mobility Awards - 2021”. Program ini, memberikan dukungan beasiswa penuh kepada Ernanda selama menempuh program di University of Zagreb.

Program IISMA merupakan salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka yang dinisiasi oleh Kemendikbud. Program ini bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri  pada peguruan tinggi di luar negeri.

Kepala Kantor Internasional, Holila Hatta, menyampaikan bahwa seleksi dalam program IISMA sangat ketat. Dari ratusan universitas di Indonesia, hanya sekitar 90 mahasiswa yang terpilih, dan mahasiswa Universitas Bakrie salah satunya.

Holila berharap tahun depan dapat semakin banyak mahasiswa dari Universitas Bakrie yang mengikuti program unggulan DIKTI ini.

Melalui Program IISMA, mahasiswa Universitas Bakrie diharapkan dapat meningkatkan daya saing, tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat global.

Dalam kerangka internasionalisasi Universitas Bakrie, Kepala Kantor Internasional, Holilla Hatta, menyampaikan tahun ini Universitas Bakrie akan memberikan sejumlah beasiswa penuh berupa 100% bebas tuition fee, kepada mahasiswa internasional, baik untuk program Master (MM), dan program S1.

Sebagai kampus yang berlokasi di diplomatic area, program ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi, namun juga hubungan Indonesia dengan negara-negara sahabat.

"Universitas Bakrie mengusung metode pembelajaran experiential learning, yang memperkecil gap antara dunia akademis dan dunia industry. PT. Bakrie and Brothers mengutamakan untuk meng-hired mahasiswa-mahasiswa terbaik dari Universitas Bakrie untuk mengikuti program management trainee di perusahaan Bakrie Group."

Bobby Gafur Umar

Direktur Utama & CEO PT Bakrie & Brothers Tbk.
Testimoni Alumni Manajemen (2020)

coming up event