fbpx

Jakarta (20/09/2020) – Pada tahun ini, Universitas Bakrie telah memasuki usia yang ke-10 tahun sejak pertama beroperasi pada tanggal 20 September 2010, hari ini Universitas Bakrie mengadakan perayaan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live YouTube Universitas Bakrie dengan mengusung tema Satu Dasawarsa U-Bakrie.

Meskipun bagi ukuran sebuah universitas, 10 tahun bisa dikatakan usia yang masih sangat muda, Universitas Bakrie telah banyak pencapaian yang diraih dalam satu dasawarsa ini.

Dan pada tahun ini di usianyanya ke-10, Universitas Bakrie telah berhasil meraih sejumlah capaian penting lainnya, antara lain: 

  • Pembukaan double degree MM-MBA dan Dual Program S1 Ilkom, TIF, dan Manajemen dengan Central Quensland University (CQU-Australia).
  • Peningkatan pemeringkatan Universitas Bakrie ke kluster III perguruan tinggi,
  • Peringkat ke-18 dari 50 besar PTS terbaik di DKI Jakarta
  • Peraih dana hibah International Credit Transfer dari DIKTI, dan
  • Peraih dana hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari DIKTI.

Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Bakrie mengajak kepada setiap unsur agar jangan bosan untuk menghasilkan terobosan-terobosan dalam aspek pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta pelayanan akademik dan non-akademik.

“Jangan sampai kita terjebak pada aktivitas rutinitas semata. Kreasi dan inovasi barus harus selalu dirangsang untuk tumbuh di Universitas Bakrie. Terlebih dengan posisi kampus kita yang sangat strategis, di epicentrum Ibu Kota. Ini merupakan modal penting bagi Universitas Bakrie untuk menjadi pusat Creative Hub di Indonesia,” ujarnya

Rektor Universitas Bakrie juga memberikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas kepada Sivitas Universitas Bakrie, baik dosen maupun staf, yang telah memiliki masa kerja 10 tahun atau lebih, berupa Pin Emas. Pin Emas ini didesain  secara exclusive berlogokan Universitas Bakrie.

Selain itu, untuk memeriahkan perayaan 10 tahun, Universitas Bakrie juga mengadakan Virtual Fun Challenges 10 km. Untuk sivitas U-Bakrie yang telah mencapai 10 km juga akan diberikan apresiasi.

Acara perayaan Satu Dasawarsa U-Bakrie yang dipandu oleh Chacha Anissa dan Andromeda Mercury (MC TVONE) ini juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Bakrie (PSM-UB) dan Glen Samuel, Indonesian Idol 2019.

Closing U-Bakrie’s Week 2020

Jakarta (18/09/20) – Tak terasa hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah U-Bakrie’s Week dilakukan secara virtual akibat pandemi, namun nampaknya hal ini bukan menjadi halangan bagi mahasiswa baru maupun kepanitian U-Bakrie’s Week 2020.

Muhammad Tri Andika Kurniawan, S.Sos, M.A., Wakil Rektor II Universitas Bakrie menyampaikan sambutan pada hari terakhir U-Bakrie’s Week 2020. Ia menyampaikan selamat kepada mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian kegiatan U-Bakrie’s Week 2020 selama lima hari.

Ia juga mengungkapkan bahwa U-Bakrie’s Week yang dikenal sebagai ospek Universitas ini berbeda dengan Univesitas lainnya, tidak diperbolehkan adanya tindakan perpeloncoan..

“U-Bakrie’s Week ini berbeda dengan pengenalan kampus (ospek) dari kampus lain, U-Bakrie’s Week mengedepankan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, tidak ada tindakan perpeloncoan, materi yang disampaikanpun berupa pembekalan agar mahasiswa baru dapat menjalankan aktivitas kuliah dengan lancar,” ujarnya.

Untuk memulai aktivitas perkuliahan, pada 14 dan 18 September 2020, mahasiswa baru juga dibimbing untuk pengisian Kartu Rencana Stud (KRS).

Pada acara penutup U-Bakrie’s Week 2020 ini juga diisi dengan Unit Kegiatan Mahsiswa (UKMa) Universitas Bakre, doantaranya UKMa Band, Tari Tradisional, dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Bakrie (PSM-UB).

Selain itu turut dimeriahkan pula oleh penampilan INBLOOM Band dan Hilma, mahasiswi Teknik Informatika 2019 yang membawakan beberapa lagu.

Acara ini ditutup oleh pengumuman pemenang untuk beberapa kategori terkait U-Bakrie’s Week 2020, diantaranya:

  • Quiz Value Kampus & KM-UB
  • Twibbon
  • Flashmob terbaik
  • Quiz Ormawa
  • Quiz Tebak Gambar
  • Kelompok Terbaik
  • Pembimbing Kelompok Terbaik
  • LO terbaik

Pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020 pada hari keempat membahas mengenai Organisasi Mahasiswa (ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKMa) yang ada di Universitas Bakrie.

Reza, Ketua Senat Mahasiswa Universitas Bakrie Periode 2020/2021 menjelaskan bahwa posisi Senat sejajar dengan BEM, dimana Senat bertindak sebagai legislator (pengawas) sedangkan BEM bersifat eksekutor.

Pada acara tersebut, hadir pula Shafira Larasati sebagai Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) Periode 2020/2021. Ia menjelaskan bahwa salah satu persyaratan untuk mengikuti organisasi mahasiswa di kampus, tak terkecuali BEM, mahasiswa harus terlebih dahulu lulus ataupun mengikuti rangkaian U-Bakrie’s Week hingga selesai.

 

Selanjutnya turut hadir perwakilan dari masing-masing Himpunan Mahasiswa seluruh Program Studi yang ada di Universitas Bakrie. Mereka menjelaskan mengenai persyaratan untuk bergabung dan program kerja yang ada disetiap Himpunan Mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Universitas Bakrie terdiri dari:

  1. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (HMILKOM-UB)
  2. Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie (HMILPOL-UB)
  3. Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie (HMA-UB)
  4. Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie (HMM-UB)
  5. Himpunan Teknik Industri Universitas Bakrie (HMTI-UB)
  6. Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Bakrie (HMTIF-UB)
  7. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Bakrie (HMSI-UB)
  8. Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie (HMITP-UB)
  9. Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bakrie (HMTS-UB)
  10. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie (HMTL-UB)

Selain itu, perwakilan dari setiap Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bakrie (UKMa) pun hadir dan menjelaskan aktivitas yang dilakukan.  Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bakrie (UKMa) diantaranya:

  1. WICAKTALA
  2. BADMINTON
  3. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
  4. Rohani Kristen (Rohkris)
  5. Basmala
  6. Voli
  7. English Debate Society

Dilanjut dengan acara berikutnya, panitia U-Bakrie’s Week mengumpulkan talenta dari mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Pada sesi ini, muncul kumpulan video gabungan dari mahasiswa baru yang memiliki talenta seperti bernyanyi, puisi dan monolog.

sampai pada sesi terakhir dihari keempat U-Bakrie’s Week 2020, kali ini akan membahas mengenai mahasiswa dan alumni yang sudah memiliki prestasi yang membanggakan.

Yang pertama, Wandha Dwiutari Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yang saat ini berprofesi sebagai News Anchor. Ia mengungkapkan bahwa menjadi news anchor ialah cita-cita dan hobi nya sejak dulu, ia terus mengasah hobinya, memperluas wawasan, membangun personal branding dan juga networking, itu adalah kunci sukses untuk menggapai cita-cita.

Wandha juga mengungkapkan bahwa jangan merasa takut ataupun rugi untuk bisa mengeksplor diri untuk hal-hal yang kita sukai.

“Jangan merasa rugi investasi untuk diri sendiri, kuncinya adalah fokus!,” ujarnya.

Yang kedua, hadir pula Febrika Indirawati, Atlet Voli Air yang juga Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Ia mengungkapkan bahwa bukan perjuangan yang mudah untuk berkarier dalam dunia atlet sambil menjalani kuliah. Tapi ia bersyukur karena Universitas Bakrie mendukung dirinya untuk menggeluti hobi dan cita-citanya.

Dan terakhir, mahasiswa yang sangat membanggakan ialah Maulana Wiga, Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bakrie yang saat ini telah membangun startup kopi yang bernama Bepahkupi. Ia membangun startup Bepahkupi bersama teman-temannya yang juga masih menjadi mahasiswa aktif Universitas Bakrie dari segala Program Studi.

 

 

 

U-Bakrie's Talk: Anti Radikalisme, Antikorupsi, Antinarkoba

Jakarta (16/09/20) - Hari ketiga U-Bakrie's Week 2020 bertemakan 'U-Bakrie's Talk: Anti Radikalisme, Antikorupsi, Antinarkoba' telah berlangsung. Tema yang bertajuk peran mahasiswa sebagai warga negara Indonesia menjadi pembahasan penting.

 

Aditya Batara Gunawan, S.Sos., M.Litt., Dosen Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie mengungkapkan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap dirinya sendiri.

Pada kesempatan tersebut, beliau memberikan materi mengenai Kebangsaan dan Anti Radikalisme. Ia that is to be 'Manusia Indonesia' yaitu hormati, jaga, dan rawat keberagaman manusia Indonesia, sebab masa depan negeri ini ada ditangan kita, khususnya generasi penerus bangsa.

Kemudian Insan Harapan Harahap, S.Sos., M.AP., Program Studi Ilmu Politik memberikan materi mengenai 'Peran Mahasiswa dalam Upaya Pencegahan Korupsi'. Beliau mengungkapkan bahwa Mahasiswa merupakan bagian dari pelopor kemerdekaan dan pelopor reformasi.

Insan juga mengatakan bahwa tantangan korupsi saat ini semakin merajalela dan mahasiswalah penggerak anti korupsi di negeri ini.

“Korupsi saat ini sangat merajalela, sehingga dengan segala atribut yang dimiliki, mahasiswa harus tampil menjadi penggerak motor korupsi. Dengan optimisme masa depan yang lebih baik, mahasiswa harus bulatkan niat dan niat untuk berperilaku anti korupsi dimulai dari diri sendiri, ”ujar Insan.

Selanjutnya, Rustam Fauzi, SE, M. Ak., Manajer Inkubator Bisnis Universitas Bakrie menjelaskan materi tentang 'Membangun Generasi Bersih Narkoba Melalui Gerakan Mahasiswa'.

Rustam mengedukasi mahasiswa baru mengenai bahaya narkoba, dan beliau juga berpesan bahwa Agama apapun tidak ada yang mengharapkan umat-Nya untuk merusak dirinya sendiri, maka jauhilah narkoba.

 

Pembicaraan U-Bakrie: "Etika Secara Daring Maupun Langsung di Lingkungan Kampus"

Pada sesi selanjutnya pada acara U-Bakrie's Week 2020 dihari ketiga ini, mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 diberikan materi mengenai "Etika Secara Khusus Daring Maupun Langsung di Lingkungan Kampus" yang disajikan oleh beberapa Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.

Dr. Aryo S. Eddyono, M.Si., Kabiro Kemahasiswaan dan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengedukasi mengenai etika di lingkungan kampus, di antaranya adalah etika berbusana, tata tertib menjadi mahasiswa Universitas Bakrie dan etika berperilaku, seperti tidak boleh merokok dan tidak bullying .

Selanjutnya adalah Dr. Prima Mulyasari A., S.Sos., M.Si., Kepala Biro Komunikasi Strategis dan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie menjelaskan tentang etika komunikasi di media sosial. Mahasiswa harus menjaga nama baik dirinya sendiri, karena jejak digital tidak akan pernah bisa hilang dan dapat menjadi boomerang untuk diri kita sendiri. Beliau juga mengedukasi bagaimana caranya menggunakan media sosial dengan bijak.

Pada sesi terakhir, Mirana Hanathasia, S.Sos., MMediaPrac., Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie membahasa mengenai 'Komunikasi Asyik di Universitas Bakrie'. Menyatakan bahwa alasan perlunya belajar komunikasi dengan baik-baiklah untuk meghasilkan yang efektif ..

Komunikasi yang baik komunikasi yang menghasilkan komunikasi efektif, komunikasi yang juga dilaksanakan oleh lawan bicara, ”ujarnya.

Akibat pandemi COVID-19, untuk pertama kalinya Universitas Bakrie mengadakan Pekan U-Bakrie secara virtual yang diselenggarakan pada tanggal 14 September 2020 kemarin. U-Bakrie's Week 2020 adalah kegiatan pengenalan kampus Universitas Bakrie bagi mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran 2020/2021. Tahun ini, Pekan U-Bakrie 2020 dilaksanakan selama lima hari yakni 14-18 September 2020 secara virtual melalui aplikasi ZOOM dan Live Streaming YouTube Universitas Bakrie.

 

Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan, Panitia U-Bakrie's Week 2020 menampilkan video Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menyampaikan pesan untuk mahasiswa bahwa ditengah pandemi seperti ini, mahasiswa tidak boleh patah semangat dan harus meningkatkan inovasi dan kreatifitas.

Selanjutnya, Prof. Ir. Sofia Alisjahbana M.Si., Ph.D., Rektor Universitas Bakrie dalam pidatonya menyambut dengan rasa bangga kepada mahasiswa baru 2020. Meskipun saat ini Indonesia sedang dihadapkan oleh pandemi, berkat kerja sama dari berbagai pihak, Universitas Bakrie berhasil meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru .

“Selamat datang dan selamat bergabung dengan 835 mahasiswa baru Universitas Bakrie. Alhamdulillah berkat tindakan antisipasi yang baik dan kerja sama dari berbagai pihak, Universitas Bakrie dapat meminimalisir dampak negatif pandemi, tahun ini jumlah mahasiswa baru meningkat dari tahun sebelumnya, hal ini mencerminkan kepercayaan terhadap masyarakat Universitas Bakrie, meski pada situasi pandemi, ”katanya.

Pada kegiatan U-Bakrie's Week 2020 dihari pertama itu juga turut hadir Ike Nirwan Bakrie selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie, serta Anindya Novyan Bakrie selaku CEO & President Director PT. Bakrie & Brother Tbk. Keduanya menyampaikan rasa bangga dan menyambut kehadiran mahasiswa-mahasiswi baru.

Kemudian, penyematan almamater juga dillakukan oleh Prof. Ir. Sofia Alisjahbana M.Si., Ph.D. secara virtual kepada Naomi Erika sebagai Perwakilan Mahasiswa Baru 2020.

Acara yang dipandu oleh Aji Pitoko dan Fakhri Aditya ini juga dimeriahkan oleh penampilan band “IMBLOOM”.

Pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020 hari pertama diakhiri dengan penampilan flashmob dan pemberian hadiah kepada peserta yang paling semangat mengikuti gerakan  yang telah diberikan oleh panitia. U-Bakrie’s week 2020 juga memberikan hadiah kepada peserta yang berhasil membuat pantun menarik di kolom komentar YouTube Universitas Bakrie.

Di Hari ke-2 U-Bakrie’s Week 2020 secara virtual dengan tema ‘All About My Biro’. U-Bakrie's Week 2020 ialah kegiatan pengenalan kampus Universitas Bakrie bagi mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran 2020/2021. Acara U-Bakrie’s Week 2020 hari ke-2 yang dipandu oleh Sekar Anugerah dan Aji Pitoko hari ini membahas mengenai beberapa Biro yang ada di Universitas Bakrie, yakni:

  1. Biro Administrasi Akademik
  2. Biro Kemahasiswaan
  3. Biro Keuangan
  4. Biro Perpustakaan
  5. Biro General Affair
  6. Biro Komunikasi Strategis

M. Th. Anitawati, M.SI., Kepala Biro Adminitrasi Akademik (BAA) menjelaskan tugas dan wewenangnya sebagai Biro yang paling sering berhubungan langsung dengan mahasiswa.

“BAA bertugas dalam menyelenggarakan semua proses belajar mengajar, mengumpulkan data terkait, dan membuat surat keterangan, hasil studi, ijazah, dan lain-lain yang diperlukan terkait adminitrasi akademik mahasiswa,” ujarnya dalam acara U-Bakrie’s Week 2020 hari ke-2 yang diselenggarakan secara virtual.

Kedua, Biro Kemahasiswaan, Sirajul Afkar, S.E., M.M., sebagai Kepala Bagian Pusat Karir dan Hubungan Alumni menjelaskan fungsi Biro terkait. Biro Kemahasiswaan memiliki fungsi dalam pelayanan administrasi organisasi mahasiswa, peminjaman loker, beasiswa, administrasi kompetisi, asuransi, kemahasiswaan, magang dan karir, dan pelayanan kegiatan mahasiswa lainnya.

Selanjutnya, Biro Keuangan yang dikepalai oleh Westianny Irianingsih, A.Md., ia menjelaskan mengenai administrasi keuangan mahasiswa, panduan membuat tagihan mahasiswa melalui Bakrie Information Gateway (BIG 2.0, serta panduan pembayaran dengan ATM BNI 46 dan dengan ATM bank lain.

Kemudian, Ahmad Yani, S.s., M.Hum., Kepala Biro Perpustakaan Universitas Bakrie menjelaskan prosedur peminjaman buku secara online melalui http://library.bakrie.ac.id, mahasiswa juga dapat mengakses e-book ataupun jurnal untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

Selanjutnya, Budi Santoso, S.E., Kepala Biro General Affair menjelaskan tugasnya dalam mendukung kegiatan operasional Universitas Bakrie dalam proses pengadaan beserta penggunaan sarana dan prasarana kampus, baik bersifat benda (seperti gedung, ruang kelas) maupun yang tidak bersifat benda (seperti keamanan, kebersihan)

Yang terakhir, Dr. Prima Mulyasari Agustini, S.sos., M.Si., Kepala Biro Komunikasi Strategis menjelaskan tugasnya dalam website dan media sosial Universitas Bakrie, mengkoordinasikan event dan protokoler, serta melakukan aktivitas media yang terkait.

 

 

Alumni Teknik Industri

coming up event